Demi Keselamatan Partai, Golkar Batal Dukung Airin Pilkada Banten

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar mengungkapkan keselamatan partai menjadi alasan utama Golkar menarik dukungan kepada Airin Rachmi Diany sebagai calon Gubernur pada Pilgub Banten 2024. Ketua DPD Golkar Banten Ratu Tatu Chasanah mengatakan dirinya dari Airin telah menyambangi Ketua Umum Golkar Bahlil Lahadalia untuk meminta restu maju di Pilgub Banten 2024.

Namun, Bahlil tidak memberi restu dengan alasan keutuhan partai. Adapun kehadiran dirinya dalam deklarasi Airin oleh PDI Perjuangan (PDIP) di ICE BSD, Tangerang, semata-mata sebatas dukungan keluarga. “Ketum sampaikan ini buat keselamatan Partai Golkar,” kata Ratu Tatu, Minggu (25/8/2024).

Mengenai kabar Airin pindah partai, Ratu Tatu menjelaskan bahwa Airin tidak hijrah. Tidak ada persyaratan bahwa Airin harus pindah partai saat ikut serta dengan menggunakan ‘perahu’ PDIP. Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi baru, kata Ratu, PDIP memiliki satu perahu untuk bisa terus melaju di Pilkada. Dengan kesempatan yang dimiliki, PDIP menawarkan kepada Airin.

“Kita putuskan ikut serta. Kami minta izin untuk ikut serta dengan PDIP. Ketum dan Sekjen izinkan karena beliau sadar itu hak politik pribadi, DPP Golkar tidak bisa larang kadernya,” kata Ratu. Sebelumnya, PDIP resmi mengusung kader Partai Golkar, Airin Rachmi Diany untuk maju sebagai calon Gubernur Banten, didampingi Ade Sumardi sebagai calon Wakil Gubernur Banten di Pilkada 2024.