Aduh Amsyong Kaesang Batal Nyalon di Pilkada Jateng 2024

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengungkapkan bahwa sang Ketua Umum Kaesang Pangarep batal maju di Pilkada Jateng 2024. Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni mengatakan langkah tersebut diambil terlepas dari hasil konsultasi antara Komisi Pemilihan Umum RI dan DPR RI dalam Rapat Dengar Pendapat soal penerapan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang akan digelar Senin (26/8/2024).

“Sebagai teman yang hampir tiap hari berinteraksi dengan Kaesang, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, saya tahu persis bahwa Kaesang sangat taat konstitusi,” kata Raja Juli dikutip dari Antara, Sabtu (24/8/2024).

Berdasarkan dinamika internal PSI, dia mengatakan sejak awal Kaesang tidak berminat maju di Pilkada 2024. Menurut dia, Kaesang lebih memilih untuk berkonsentrasi berbisnis, dan mengurus keluarga.

Apalagi, Kaesang saat ini menunggu kelahiran anak pertama dan menemani istrinya, Erina Gudono, yang sedang kuliah di Amerika Serikat. “Namun, membaca keputusan Mahkamah Agung soal usia kandidat, internal PSI mendesak Kaesang untuk mengambil ruang konstitusional itu dengan terlibat dalam kontestasi Pilkada 2024,” ujarnya.