Megawati Tantang Dukungan Anies Baswedan, Tuntut Afiliasi PDI-P

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), mengatakan PDI-P mungkin mendukung Anies Baswedan sebagai gubernur Jakarta pada tahun 2024, tetapi hanya jika ia sejalan dengan partai tersebut.

Saat pertemuan dengan bakal calon daerah di Markas Besar PDI-P di Jakarta, Kamis, Megawati menanggapi spanduk di luar kantor partai yang mengadvokasi pencalonan Anies. Ia mempertanyakan apakah sebaiknya partai mendukung Anies jika ia bukan anggota partai.

“Saya tanya Komarudin Watubun, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, apakah spanduk itu dari gugus tugas kami. Dia membenarkan hal itu. Saya kemudian bertanya, ‘Mengapa saya harus mendukung Anies?’,” kenang Megawati.

Mengapa saya harus diminta mendukung Anies Baswedan? Kalau dia ingin dukungan PDI-P, dia perlu beraliansi dengan partai, tambah Megawati. Dia juga mengungkapkan rasa frustrasinya terhadap individu-individu yang kini mencari dukungan PDI-P untuk pemilu 2024 meskipun mereka tidak berkontribusi pada upaya partai tersebut di masa lalu.

Mahkamah Konstitusi baru-baru ini menurunkan ambang batas pemilu, sehingga memungkinkan partai untuk mencalonkan kandidat tanpa memerlukan koalisi. Perubahan ini dapat menguntungkan Anies, yang sedang mencari aliansi dari PDI-P, satu-satunya partai besar yang belum mengumumkan kandidat untuk pemilihan gubernur Jakarta.