Safrianto, Mantan Kajari Bangka Selatan Dipercayakan Jabat Kajari Jakarta Pusat

Lokal

BANGKA SELATAN, Actadiurma.id – Mantan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bangka Selatan tahun 2018-2020, Dr. Safrianto Zuriat Putra, SH, MH Dipercayakan menjabat sebagai Kajari Jakarta Pusat.

Jaksa kelahiran Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam tersebut saat ini menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Tindak Pidana Korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang pada Direktorat Upaya Hukum Luar Biasa, Eksekusi dan Eksaminasi Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Safrianto dipercayakan menjabat sebagai Kajari Jakarta Pusat menggantikan posisi Hari Wibowo yang dipromosi menjabat Asisten Pidana Umum Kejati DKI Jakarta sebagaiman tertuang dalam Surat Keputusan Jaksa Agung Nomor : KEP-IV-498/C/10/2023, Tanggal 9 Oktober 2023 yang ditandatangani oleh Jaksa Agung Muda Pembinaan, Bambang Sugeng Rukmono.

Saat menjabat sebagai Kajari Bangka Selatan, Safri sapaan akrabnya berani menjebloskan sekda Bangka Selatan karena terlibat kasus tindak pidana korupsi dilingkungan Pemkab Bangka Selatan pada waktu itu.

Dirinya juga dinilai sebagai salah satu Kajari Bangka Selatan yang memiliki Integritas dan Profesional namun tetap humanis serta sering turun menemui masyarakat salah satu melalui program Jaksa Masuk Masjid.

Kepala Desa Jeriji, A Iswandi mengungkapkan jika Safrianto yang merupakan alumni Universitas Sumatera Utara (USU) Medan adalah salah satu Kajari Bangka Selatan yang peduli dengan kemajuan masyarakat desa.

“Beliau meninggalkan kesan terbaik dimata masyarakat kami, dimana saat itu Kejari Bangka Selatan berhasil mengawal investasi Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit di desa kami yang sangat diharapkan masyarakat dengan memberikan pendampingan hukum bagi Pemdes agar investasi sesuai regulasi,” Jelasnya.

Salah satu manfaat dari hasil pendampingan hukum tersebut kata dia saat ini sudah dirasakan masyarakat berupa bantuan bibit sawit sebanyak 128 batang untuk 850 Kepala Keluarga di Desa Jeriji dari pihak pabrik dan 50 persen bantuan bibit tersebut sudah disalurkan dan ditanam masyarakat.

“Semoga peran pendampingan yang telah memberikan manfaat bagi ekonomi masyarakat kami jangka panjang tersebut menjadi amal ibadah bagi beliau dan kawan-kawan lainnya di Kejari Bangka Selatan. Semoga beliau selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan dunia akhirat,” Ucap dia.

Sementara itu, Safrianto saat dihubungi wartawan via pesan Whatsapp, Kamis (12/10/2023), mengungkapkan rasa syukurnya atas jabatan baru tersebut.

“Alhamdulillah, ini jabatan saya yang kesekian kalinya dalam karir saya di Kejaksaan RI. saya mengucapkan rasa Syukur kepada Allah SWT dan mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan yang sudah mempercayakan kepada saya untuk menjabat sebagai Kajari Jakarta Pusat. Saya akan menjaga dan merawat Amanah Institusi dan Pimpinan ini sebaik-baiknya,” Kata Safrianto.


Editor : Yossi Nurmansyah/Tri Winardi