Putin Mencium Alquran Saat Berkunjung ke Chechnya

Internasional

MOSKOW, Actadiurma.id – Presiden Rusia Vladimir Putin mencium Alquran saat berkunjung ke Chechnya pekan ini.

Selama pertemuan Putin dengan pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov, keduanya mengunjungi Masjid Isa yang baru dibangun di ibu kota Chechnya, Grozny.

Saat mengunjungi masjid, Putin menghadiahkannya salinan Alquran bertatahkan emas. Putin kemudian terlihat menciumnya di depan kamera. Rekaman video Putin mencium Alquran kemudian viral di media sosial.

Chechnya merupakan negara Rusia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Kunjungan Putin adalah untuk memberikan semangat kepada para relawan militer yang berlatih di sana sebelum dikirim ke garis depan Ukraina.

Akun media sosial Kedutaan Besar Rusia di Indonesia menyebutkan, selain dilapisi emas, Alquran yang dipersembahkan Putin juga bertatahkan batu permata.

“Vladimir Putin mempersembahkan Alquran yang dihias dengan ornamen berlapis emas dan bertatahkan batu permata untuk masjid tersebut,” demikian keterangan tertulis Kedutaan Besar Rusia di Indonesia melalui Telegram, dikutip Kamis 22 Agustus 2024.

Pihak KBRI menyebutkan Masjid Isa memiliki dua lantai dan mampu menampung hingga 5.000 jamaah. Kunjungan ke Masjid Isa dilakukan setelah Putin memeriksa pasukan dan relawan Chechnya yang bersiap melawan Ukraina. Kunjungan ini juga merupakan yang pertama kalinya dalam 13 tahun terakhir.