Pemenuhan Kebutuhan Bagi Daerah Kepulauan: Jasa Pengiriman Sebagai Solusi Kebutuhan Masyarakat Indonesia

Opini

OPINI : Andrew, Pengiat Media Sosial Sekitar Belitong

BELITUNG, Actadiurma.id – Tulisan ini dimulai dari keresahan penulis yang tinggal di daerah kepulauan, tepatnya di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penulis tumbuh dan besar di tempat yang terpisah dari pulau-pulau utama di Indonesia (Sumatera, Jawa, Kalimantan dan sebagainya). Hal ini membuat penulis dan masyarakat Bangka Belitung mengalami beberapa kendala, terutama soal akses, pengiriman barang sampai dengan stok kebutuhan barang-barang pokok. Di Belitung, mayoritas barang-barang dikirim dari luar daerah. Tak jarang, hal ini membuat kami menunggu cukup lama dalam mendapatkan barang untuk kebutuhan sehari-hari.

Permasalahan ini terjadi cukup lama, terlebih dimusim hujan dan angin kencang, banyak barang yang terlambat sampai ke Belitung karena terhambatnya pelayaran kapal barang dan pengiriman. Kenapa tidak mengirim barang menggunakan transportasi udara? jawaban dari pertanyaan ini adalah biaya yang cukup mahal apabila menggunakan jasa transportasi udara. Keresahan ini menjadi realitas yang tidak dapat terhindarkan oleh masyarakat yang tinggal di daerah kepulauan dan terpisah dari ibukota, salah satunya Bangka Belitung.

Di sisi lain, pertumbuhan dan perkembangan Electronic Commerce (e-commerce) sangat massif di Indonesia. Pertumbuhan ‘pasar online’ ini terjadi karena perkembangan teknologi yang cukup pesat dan daya beli beli masyarakat Indonesia yang terus meningkat. Hal ini menjadi angin segar bagi masyarakat di daerah kepulauan dan masyarakat yang tinggal jauh dari pusat perbelanjaan. Kehadiran e-commerce dapat memudahkan pembeli untuk membeli barang yang mereka inginkan tanpa perlu mengeluarkan tenaga berlebih. Pembeli dapat dengan mudah memilih dan memilah barang yang mereka inginkan hanya dengan menggunakan smartphone dan internet saja. Perkembangan e-commerce ini juga memberikan manfaat positif bagi para penjual di seluruh Indonesia, dengan memanfaatkan teknologi dan market place para penjual dapat mempeluas target penjualan mereka ke seluruh Indonesia bahkan dunia.

Tren pertumbuhan pasar online ini juga memberikan peluang positif lahirnya jasa pengiriman barang di Indonesia. Salah satunya PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), perusahaan ini sudah 33 tahun menyediakan jasa ekspedisi dan pengiriman logistik di Indonesia. Perusahaan yang didirikan oleh Alm. Soeprapto Soeparno, seorang putra kelahiran dan kebanggaan Bangka Belitung ini telah memberikan banyak kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kemudahan berbelanja di Indonesia. Berbagai macam kemudahan dan pelayanan yang baik menjadi keunggulan utama dari JNE, tak heran perusahaan ini menggunakan tagline “Connecting Happiness” sebagai bentuk pengabdian dan rasa cinta mereka dalam menjembatani kebahagiaan dan kemajuan Indonesia.

Pak Soeprapto selaku pendiri dari JNE melihat peluang yang dapat dimanfaatkan melalui perkembagan pasar online dan teknologi di Indonesia. Barangkali perusahaan ini juga lahir dari keresahan Pak Soeprapto selaku anak kepulauan yang terhambat aksesnya dalam mendapatkan barang dan kebutuhan tertentu. Apapun alasannya, tulisan ini berusaha mengapresiasi ide cemerlang beliau yang telah memberikan kemudahan dan kontribusi yang nyata bagi masyarakat di seluruh Indonesia. JNE telah hadir dan menjadi bagian penting dari masyarakat dan dunia usaha di Indonesia. Bagi masyarakat Bangka Belitung, kehadiran JNE tidak hanya sebagai jasa ekspedisi, tetapi menjadi kebanggaan karena karya ini dilahirkan dari seorang putra daerah Bangka Belitung.

Sebagai salah satu perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia yang telah berdiri selama 33 tahun, JNE telah hadir di berbagai kota di Indonesia dan telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia dan dunia, beberapa diantaranya: Pertama, tarif dari jasa yang ditawarkan relatif lebih murah dan cukup adil karena didasarkan pada berat barang, jarak pelanggan dan waktu pengiriman. Kedua, JNE memberikan kemudahan pelayanan melalui website dan aplikasi sehingga dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Ketiga, perusahaan ini terus memberikan inovasi untuk memudahkan pelanggan, seperti: menyediakan jasa pengemasan, bekerjasama dengan banyak platform media sosial dan market place, bertanggungjawab terhadap pelanggan dnegan menyediakan asuransi dan jasa Cash On Delevery (COD) serta masih banyak inovasi lain yang terus dikembangkan oleh JNE.

Bagi penulis, kehadiran JNE telah membantu meningkatkan semangat dalam berkreativitas. Kegiatan penulis sebagai pengelola salah satu media sosial dan penjualan merchandise Belitung (Sekitar Belitong dan Belitong Pride) sangat terbantu dengan kehadiran JNE, perusahaan ini memberikan banyak kemudahan bagi para penjual, salah satunya dengan menyediakan jasa pengemasan di setiap outlet JNE. Jasa ini memberikan kemudahan bagi penjual karena tidak perlu repot dalam urusan pengemasan dan penjual dapat menghemat waktu untuk fokus terhadap penjualannya.

JNE merupakan contoh karya anak bangsa yang menjadi jawaban permasalahan dan solusi yang dibutuhkan masyarakat. Tagline “Connecting Happiness” merupakan sebuah pesan tersirat JNE yang bertujuan menjadi bagian dari kemajuan Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM), ekonomi dan masyarakat Indonesia. JNE berhasil menjawab berbagai macam tantangan dan hambatan yang selama ini dirasakan oleh masyarakat Indonesia, terutama dalam hal ekspedisi pengiriman barang. Perusahaan ini juga menjadi solusi dari permasalahan orang-orang yang tinggal di daerah kepulauan karena dapat mengirim dan menerima barang yang mereka butuhkan dengan sangat mudah.

Tulisan ini diakhiri dengan apresiasi manfaat yang diberikan selama 33 tahun JNE, terkhusus bagi sang pendiri yang telah berkarir dan berkarya untuk negeri. JNE mampu melihat tren dan peluang untuk kemajuan dan kemudahan masyarakat. JNE juga menjadi jasa ekspedisi yang berpihak kepada masyarakat karena harganya yang terjangkau dan pengiriman yang relatif cepat. Perusahaan ini berhasil melakukan berbagai macam inovasi dalam melihat pertumbuhan teknologi yang sangat pesat. Ide ini menjadi inspirasi bagi penulis dan mungkin kita semua dalam memanfaatkan perkembangan sektor apapun yang ada di Indonesia. Kedepan, kita semua berharap lahir Pak Soeprapto-Soeprapto yang baru dengan berbagai ide dan gagasan yang dikembangkan untuk masyarakat Indonesia. Terima kasih Pak Soeprapto, karyamu abadi!

JNE #ConnectingHappiness #JNE33Tahun #JNEContentCompetition2024 #GasssTerusSemangatKreativitasnya