Healing ke Mercusuar Pulau Besar Jadi Pilihan Wisata di Babel

Hiburan & Teknologi

HIBURAN MERCUSUAR, Actadiurma.id – Pulau Besar memiliki beberapa keunikan tersendiri, utamanya adalah situs bersejarah mercusuar yang dibangun pada masa Kerajaan Belanda, pantai mercusuar pulau besar ini juga memiliki kontur yang cocok untuk ditanami mangrove, terlihat dari beberapa mangrove yang masih hidup

Desa Pulau Besar ini berjarak sekitar 3 jam menempuh perajalanan dari kota pangkalpinang, lewat jalur bisa dari jalan raya melalui arah desa terak desa teru, desa simpang katis dan langsung menuju arah munggu dan masuk ke perbatasan munggu dengan desa bangka kota kecamatan simpang rimba dan kalau dari arah koba langsung menuju arah nibung masuk simpang desa air bara menuju desa payung.

Pulau Besar memiliki beberapa keunikan tersendiri, utamanya adalah situs bersejarah mercusuar yang dibangun pada masa Kerajaan Belanda atau di bawah pemerintahan William III pada 1888. Dahulu, mercusuar 72 mdpl tersebut berfungsi sebagai rambu-rambu lalu lintas kapal, mengingat pada masa itu Kep. Bangka Belitung menjadi jalur utama lalu lintas kapal.

Dirinya meminta Camat Pulau Besar mengajukan proposal tertulis, diantaranya berupa jembatan penyeberangan. Sebab, untuk dapat menuju menara, wisatawan harus menyebrang dari garis pantai menuju pulau dengan jarak tidak kurang dari 200 meter.”Ini segera dibuatkan kajiannya, diajukan, diusulkan, ini menarik dan menjadi bagian dari sejarah di Kep. Bangka Belitung,” kata Suganda

Camat Pulau Besar Maryono mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti arahan Pj Gubernur. Dirinya akan menyusun pengajuan kebutuhan secara kolektif kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Editor : Yossi Nurmansyah