18 Anggota Panwascam Bangka Barat Dilantik, Ada 4 Wajah Baru

Lokal

BANGKA BARAT, Actadiurma.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melantik 18 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pelantikan belasan anggota Panwascam Pilkada 2024 itu berlangsung di Wisma Pesanggrahan BTW Mentok, Kabupaten Bangka Barat, pada Sabtu (25/5/2024).

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, Deni Ferdian mengatakan komposisi Panwascam mayoritas diisi oleh anggota lama yang sebelumnya bertugas pada pelaksanaan Pemilu 2024.

“Diisi oleh 14 orang yang lama yang sudah lulus eksisting. Jadi untuk mencukupi kuota itu dilakukan pembukaan umum untuk mencukupi kuota 18 orang. Untuk masa kerjanya kemungkinan sampai Desember ataupun diperpanjang kemungkinan di bulan Januari atau Februari,” katanya.

Deni mengingatkan Panwascam yang dilantik untuk segera menyesuaikan diri dengan tugasnya terutama soal pencegahan, pengawasan, dan penanganan pelanggaran.

“Untuk Pilkada, tantangannya yaitu pengawasan dari sisi Bawaslu upayakan pencegahan makanya tadi ditegaskan untuk cepat menyesuaikan diri karena ada yang baru dan pahami regulasi aturan yang ada,” ujarnya.

Deni menyampaikan, tugas terdekat bagi anggota Panwascam yang baru dilantik yakni membantu Bawaslu Kabupaten Bangka Barat terkait perekrutan anggota Panitia Pengawas di tingkat kelurahan/desa.

“Setelah dilantik kawan-kawan Panwascam bukan untuk santai, karena di Bawaslu sedang dilakukan perekrutan anggota pengawas kelurahan/desa karena awal Juni akan pelantikan. Kemudian Senin ini dilakukan untuk serangkaian tes wawancara,” tuturnya.