KEMENANGAN DRAMATIS OGIER DI PENUTUP WRC KROASIA

Sport

WRC, Actadiurma.id – Ogier dan navigatornya, Vincent Landais, meraih kemenangan setelah duel penuh dengan insiden yang membuat pasangan ini mewarisi kepemimpinan setelah Neuville dan Evans mengalami kecelakaan di etape 18 dari 20.

Pereli Toyota itu merebut kemenangan pertama dalam kampanye parsial 2024 dari Evans dengan selisih waktu 9,7 detik, sementara pembalap Hyundai harus puas dengan posisi ketiga (+45,9 detik) setelah kesalahan yang merugikan.

Pertarungan untuk meraih kemenangan berkembang menjadi rivalitas tiga arah sejak etape pembuka Jumat, saat Neuville memulai dengan kuat dan mengambil keuntungan sebagai pembuka jalan.

Setelah Special Stage (SS) 6, Neuville membuka keunggulan 10,1 detik atas Evans sebelum berkurang tinggal 0,1 detik setelah mengalami kerusakan di bagian kanan depan yang disebabkan oleh batu di tengah jalan menjelang akhir etape.

Pereli Toyota asal Inggris berhasil memimpin di etape tujuh, namun Neuville berjuang keras pada tes terakhir hari itu dan mengakhiri hari Jumat dengan memuncaki klasemen bersama setelah menempuh jarak 119,74 kilometer.

Kemarin, etape menjadi milik Ogier, yang lebih cepat 9,2 detik dari pesaing terdekatnya. Waktu yang membawa dirinya dalam perebutan kemenangan dan tertinggal 6,6 detik dari Neuville dan Evans.

Duel sengit untuk memperebutkan posisi terdepan berlanjut hingga Sabtu ketika hujan deras yang diharapkan tidak kunjung tiba dan pemilihan ban juga menjadi penentu. Keputusan Neuville untuk menggunakan ban yang lebih keras dibandingkan dengan dua pesaingnya, yang menggunakan ban lunak untuk mengantisipasi datangnya hujan, ternyata tepat.