Babak Baru Hubungan Indonesia-Jepang

Nasional

TOKYO, Actadiurma.id – Hubungan Indonesia dan Jepang kini memasuki babak baru. Hal ini ditandai dengan komitmen kedua negara untuk memperkuat kolaborasi. Hal itu terungkap dalam pertemuan antara Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto dan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida, di Tokyo, Jepang, Rabu, 3 April 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan antara Indonesia dan Jepang.

“Kedua negara sejauh ini telah membangun hubungan kerja sama yang baik, dan meminta pemerintah Jepang untuk bekerja sama guna mencapai hubungan yang lebih kuat di masa depan dan meningkatkan kolaborasi di bidang pertahanan,” kata Prabowo.

Sementara itu, PM Kishida berharap dapat memperdalam kolaborasi bilateral dengan Indonesia untuk mendorong kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

“Kunjungan ini sangat menggembirakan. Jepang dan Indonesia telah berteman dekat sejak lama. “Saya ingin (Jepang dan Indonesia) lebih meningkatkan kerja sama sebagai mitra yang berbagi nilai dan prinsip dasar,” kata Kishida.