Presiden Cina Xi Jamu Pebinsis AS di Balai Agung Beijing

Internasional

TIONGKOK, Actadiurma.id – Jamuan dengan Presiden Xi Jinping digelar di Balai Agung Rakyat, Beijing, Rabu (27/3). Pertemuan tersebut dibayangi keraguan investor asing yang mengkhawatirkan regulasi baru akan meredam keleluasaan berbisinis di Cina.

Sebanyak 20 perusahaan hadir dalam pertemuan selama 90 menit dengan Presiden Xi Jinping di Balai Agung Rakyat, Beijing, Rabu (27/3), menurut dua narasumber anonim kepada kantor berita Reuters. Gambar yang disiarkan televisi pemerintah cuma menunjukkan sekelompok orang duduk mengitari karangan bunga raksasa berwarna merah, oranye dan hijau di Balai Timur.

Stephen Schwarzman, direktur utama Blackstone, perusahaan investasi terbesar di dunia, Raj Subramaniam, bos raksasa logistik FedEx dan Cristiano Amon, direktur utama Qualcomm, produsen semikonduktor, termasuk yang hadir dalam acara tersebut, klaim kedua narasumber.

“Perbedaan akan selalu ada,” kata Xi Jinping seperti dilansir media nasional. “Karena manusia memang berbeda, dan bahkan anggota satu keluarga juga bisa saling berbeda,” imbuhnya. “Tapi kami selalu berusaha mencari kesamaan dan membangun konsensus yang lebih besar. Hal ini berlaku baik untuk relasi antarbangsa atau di dalam keluarga.”

Lebih lanjut Xi mengatakan; sejarah relasi Cina dan AS adalah sejarah pertukaran yang penuh persahabatan antara dua bangsa. “Semua orang di kedua negara selayaknya bisa melakukan lebih banyak pertukaran dan kerja sama.”