Jelang Euro 2024, Jerman Akan Aktifkan Kontrol Perbatasan

Sport

BERLIN, Actadiurma.id – Menteri Dalam Negeri Jerman mengatakan keamanan perbatasan akan ditingkatkan menjelang penyelenggaraan Piala Eropa 2024 bulan Juni dan Juli nanti.

Jerman akan memberlakukan pembatasan sementara di seluruh perbatasannya untuk Piala Eropa, Euro 2024, musim panas ini, kata Menteri Dalam Negeri Nancy Faeser hari Selasa (26/3). Langkah ini diambil setelah akis serangan teror di Moskow yang mnewaskan lebih 130 orang minggu lalu.

“Kami akan melakukan kontrol perbatasan sementara di seluruh perbatasan Jerman selama turnamen untuk mencegah kemungkinan pelaku kekerasan memasuki negara ini,” kata Faeser kepada harian Rheinische Post. “Hal ini diperlukan untuk memberikan perlindungan terbaik terhadap event besar internasional ini,” tambahnya.

Kanselir Jerman Olaf Scholz membenarkan rencana itu dan mengatakan, pemeriksaan lebih ketat sementara di perbatasan merupakan “seperangkat instrumen yang terbukti” dapat meningkatkan keamanan. Scholz mengatakan kepada wartawan saat berkunjung ke Slovenia, keamanan selalu menjadi “prioritas utama”. “Pemeriksaan perbatasan bukan hal yang aneh,” katanya menegaskan.

Mendagri Nancy Faeser mengatakan, pengawasan perbatasan akan fokus pada ancaman terorisme, ekstremis, hooligan, dan penjahat kekerasan lainnya. Langkah-langkah tersebut juga akan mencakup keamanan jaringan terhadap serangan siber.

Jerman pernah memberlakukan kontrol perbatasan sementara ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada tahun 2006.