Diduga Kabur, Bolsonaro Sembunyi di Kedubes Hungaria

Internasional

BRASIL, Actadiurma.id – Eks presiden Brasil Jair Bolsonaro yang saat ini menghadapi berbagai kasus hukum, dilaporkan tinggal selama dua malam di kedutaan Hungaria. Polisi tidak bisa menangkapnya saat dia tinggal di kedutaan asing.

Kepolisian Brasil pada Senin (25/03) meluncurkan penyelidikan terkait kunjungan mantan Presiden Jair Bolsonaro selama dua malam di kedutaan Hungaria di Brasilia.

Penyelidikan tersebut dilakukan setelah sebuah laporan dari The New York Times mengungkap rekaman kamera keamanan dari dalam kedutaan Hungaria di ibukota Brasil, yang memperlihatkan potongan-potongan gambar Bolsonaro selama tinggal di sana pada 12-14 Februari.

Kunjungan tersebut dilaporkan terjadi hanya beberapa hari setelah kepolisian menyita paspor Brasil dan Italia milik Bolsonaro sebagai bagian dari penyelidikan kasus hukum yang menjeratnya. Ia diduga brencana membatalkan hasil pemilu 2022 agar bisa tetap berkuasa.

Dua pembantu utama Bolsonaro bahkan telah ditangkap dan rumah mereka digerebek oleh polisi sebagai bagian dari penyelidikan tersebut.

Sementara, Bolsonaro tidak akan bisa ditangkap oleh polisi saat dia berada di dalam kompleks sebuah kedutaan asing.

Bolsonaro memang dikenal memiliki hubungan baik dengan Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban, yang memimpin partai nasionalis sayap kanan Fidesz.

Bolsonaro menyebut Orban sebagai “saudara laki-lakinya” selama kunjungannya ke Hungaria pada tahun 2022 silam.