F1 GP Qatar 2023 Verstappen meraih Kemenangan Finish Terdepan

Sport

SPORT F1 QATAR, Actadiruma.id – Max Verstappen meraih kemengangan finish terdepan disusul Oscar Piastri dan Lando Norris finis kedua dan ketiga, dengan mantan pengejar Verstappen yang paling dekat dengan sebagian besar balapan dan yang terakhir mengisi posisi start ke-10. Pada awalnya, Verstappen menukik untuk menutupi laju George Russell ke dalam Tikungan 1 dan saat ia bergerak ke kiri tepat di belakang kiri belakang Red Bull.

Safety car dikirimkan saat mobil Hamilton ditemukan – pesan radio tim mengungkapkan bahwa kedua pebalap Mercedes pada awalnya saling menyalahkan atas shunt tersebut – sehingga balapan baru benar-benar dimulai pada awal lap kelima dari 57, dengan Verstappen memimpin Piastri, Fernando Alonso dan Charles Leclerc. Verstappen melakukan restart untuk segera unggul 1,0 detik dari Piastri, dengan pembalap Red Bull itu menggandakan keunggulannya menjelang penghitungan putaran dengan mencetak dua digit, meskipun McLaren jelas berusaha keras sejak awal untuk mencoba dan mendapatkan kembali keunggulan DRS.

Verstappen melakukan pemberhentian kedua pada lap 34, yang mana kecepatan kuat Piastri di awal tugas ketiganya berarti ia memangkas keunggulan Red Bull menjadi 5,8 detik saat urutan pemberhentian kedua dimainkan sepenuhnya. Untuk tugas ketiganya, Verstappen mendapat tantangan baru, yang membuat perbedaan untuk tugas keempat antara kedua pemimpin – dengan Piastri pada saat ini dengan hanya tersisa 20 lap lagi dan rekan setimnya Norris juga menyusul dengan cepat. Verstappen menggunakan upaya kerasnya untuk kembali memperbesar keunggulannya saat sepertiga terakhir berlalu, dengan Piastri menghadapi defisit 10,2 detik pada saat ia berhenti untuk terakhir kalinya – melakukan upaya keras – pada lap 43.

Editor : Yossi Nurmansyah