Apple dan Microsoft Berniat Berinvestasi di Indonesia

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika RI Nezar Patria mengungkapkan perusahaan teknologi global Microsoft dan Apple berniat berinvestasi di Indonesia.

“CEO Apple dan Microsoft ingin berkunjung ke Indonesia. Mereka sudah menulis surat, dan mereka punya niat untuk berinvestasi di Indonesia,” kata Nezar, Jumat, 22 Maret 2024.

Nezar berharap kerjasama yang dibangun nantinya dengan kedua perusahaan dapat memberikan manfaat yang besar, khususnya dalam membangun kapasitas dan kompetensi talenta digital di Indonesia.

Menurut Nezar, fokus kerja sama dengan Apple dan Microsoft akan mencakup pengembangan sumber daya manusia dan sektor manufaktur.

Ia menilai rencana investasi kedua perusahaan tersebut akan membuka peluang luas bagi Indonesia.

“Kalau mereka tertarik berinvestasi, saya kira kita akan membuka tangan lebar-lebar dan tentunya sekaligus memperkuat kekuatan nasional kita sendiri,” kata Nezar.

Nezar menjelaskan, dalam kunjungannya ke Indonesia, CEO Microsoft Satya Nadella dan CEO Apple Tim Cook berencana bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

“Mereka mengirim surat untuk bertemu dengan para pemimpin negara,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi mengatakan pihaknya sedang bersiap bertemu dengan perwakilan Microsoft dan Apple.

“CEO Microsoft mau datang pertengahan April, sedangkan CEO Apple Tim Cook juga ingin datang 20 April. Dia mau buat Apple Academy, nanti kita mau lihat dan review Apple Academy,” kata Budi, Kamis, 21 Maret 2024.

Ia secara khusus menyebut Microsoft, salah satu topik yang dibahas terkait pengembangan talenta digital dan juga perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) di Indonesia.

Sementara pertemuan dengan Apple akan fokus secara khusus membahas pengembangan talenta digital yang lebih profesional.