Ukraina Klaim Tenggelamkan Kapal Perang Bersama 1 Unit Helikopter Tempur Rusia

Internasional

KRIMEA, Actadiurma.id – Militer Ukraina mengklaim berhasil menenggelamkan kapal perang beserta 1 unit helikopter di atas dak kapal bernama Sergey Kotov itu pada Selasa, 5 Maret 2024. Kapal yang memiliki panjang 94 meter tersebut dihantam drone Magura V5 Naval di selat Kerch, Krimea.

Sebelumnya pihak Ukraina mengaku telah menghancurkan satu unit kapal patroli Rusia dalam sebuah serangan menggunakan drone pada Selasa malam, 5 Maret 2024. Melalui aksi penyadapan yang dilakukan intelejen Ukraina, baru sehari kemudian diketahui bahwa diatas dak kapal Sergey Kotov yang dihancurkan itu, terdapat sebuah helikopter angkut tempur jenis KA-29 yang sedang terparkir dan turut hancur akibat serangan itu.

Menurut intelijen militer Ukraina, kapal patroli Proyek 22160 tersebut mengalami kerusakan di bagian buritan serta sisi kiri dan kanannya. Kapal patroli seharga 65 juta USD itu dilaporkan berada di dekat Selat Kerch ketika diserang oleh drone angkatan laut Magura V5 yang diproduksi dalam negeri.

Menurut laporan tersebut, 7 prajurit Rusia tewas dan 50 orang ABK lainnya dievakuasi dari kapal yang meggalami kerusakan parah tersebut.