Dini Hari Tadi Pesawat Tak Berawak Turki di Tembak Jatuh AS

Internasional

Internasional AS dan Turkey Tegang, Actadiruma.id – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken membenarkan pihak AS menembak jatuh pesawat tak berawak turkey di suriah. Menlu AS telah berbicara dengan Menteri Luar Negeri Türkiye Hakan Fidan melalui telepon setelah pasukan AS di Suriah menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak Turki bersenjata.

Dalam panggilan telepon hari Jumat, Blinken menyoroti perlunya kedua negara untuk “mengoordinasikan dan mendekonflikkan” kegiatan mereka karena mereka berbagi tujuan bersama untuk mengalahkan ancaman teroris, kata seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS

Itu terjadi sehari setelah Pentagon mengatakan pasukan AS telah menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak Turki bersenjata yang beroperasi di dekat pasukannya di Suriah – pertama kalinya AS menjatuhkan sebuah pesawat sekutu NATO-nya.

Türkiye mengkonfirmasi insiden itu tetapi tidak menyalahkan, mengatakan pesawat tak berawak itu hilang karena “evaluasi teknis yang berbeda” dengan pihak ketiga di lapangan.

Editor : Yossi Nurmansyah