Bupati Burhanudin ingin Kembangkan Potensi Cagar Budaya Beltim

Lokal


BELITUNG TIMUR, Actadiurma.id – Belitung Timur mamiliki cagar budaya dan situs Makam kuno yang belum tergali secara keilmuan,Bupati Belitung Timur Burhanudin berkeinginan Situs Cagar budaya yang ada di Desa Buding,dapat dikembangkan dan diteliti oleh ahlinya agar dapat mendongkrak potensi wisata yang ada di Belitung Timur.

Berlokasi di area perkebunan HGU PT Parit Sembada Kecamatan Kelapa kampit, terdapat beberapa lokasi Makam kuno yang umurnya diperkirakan sudah ratusan tahun.

Perjalanan pertama mendatangi makam tuk Nibong yang berlokasi didalam hutan yang melintasi perkebunanan sawit, selanjut mendatangi situs Cagar budaya Keramat padang di lokasi ini terdapat banyak kuburan tua yang tersusun seperti gundukan.


kemudian dilanjutkan dengan mendatangi makam batu yang terdapat sebuah batu nisan berukuran sangat terbuat dari batu yang diukir.
Dalam kegiatan tersebut juga diperlihat barang-barang peninggalan kerajaan Buding seperti keris,badi, tombak serta kerajinan batik Rembuding.


“Kedepan bukan hanya sekedar membangun atau memperbaiki saja, namun ada hal yang perlu digali bersama kolaborasi antara pemerintah dan pengiat kebudayaan, pihak perusahaan, dan meminta bantuan kepada arkeolog untuk meneliti lebih lanjut terhadap makam-makam kuno yang ada di Kelapa kampit dan lebih khusus dalam wilayah Kerajaan Buding dulunya,” ujar Burhanudin, Senin (4/3/2024).


Dalam ziarah kampong Barik dan Peresmian rehabilitasi dan pemanfaatan situs cagar budaya keramat padang ladik dan makam batu, turut hadir Ketua DPRD Belitung Timur Fezzi Uktolseja, pihak perusahaan setempat, Ketua Lembaga Adat Melayu serta Perakat Pemerintah Kecamatan dan Desa serta tamu undangan lainnya.