Jorginho, Tokoh Utama Dibalik Runtuhnya Newcastle Ditangan Arsenal

Internasional Sport

LONDON, Actadiurma.id – Gelandang ArsenalĀ  Jorginho dinobatkan sebagai man of the match pada laga dinihari tadi (25/2/2024) kala the goonners Arsenal meluluh-lantakkan tim kaya baru Newcastle United 4-1. Pemain berpasport Italia ini memiliki peran yang sangat krusial dibalik drama penghancuran the Magpies.

Memiliki usia yang tidak lagi muda untuk ukuran pesepakbola profesional, tidak membuat performa Jorginho yang kini berusia 32 tahun menjadi redup. Pemain buangan dari Chelsea ini mampu membuktikan bahwa umur hanya sekedar angka, soal prestasi boleh diadu.

Dalam pertandiingan yang sarat aroma dendam, menyusul kekalahan kontroversial Arsenal pada paruh musim pertama di Saint James Park, kandang Newcastle, Jorginho memang punya peran sangat krusial.

Gol kedua Arsenal lahir dari kecerdikan Jorginho melepas umpan lambung ke belakang garis pertahanan Newcastle yang berhasil dijangkau Gabriel Martinielli dan diselesaikan dengan mudah oleh Kai Havert.

Dalam pertandingan yang semula diprediksi banyak pihak akan berlangsung sulit ini, Jorginho mencatatkan statistik permainan yang sangat solid dengan tingkat akurasi umpan mencapai 89 persen, 4 kali menang duel, dan 12 kali mengirim umpan ciamik ke wilayah pertahanan Newcastle.

Bermain sebagai gelandang bertahan tengah  Jorginho yang didampingi Declan Rice dan Martin Odegaard mampu mematahkan agresifitas penyerang-penyerang Newcastle terutama pada 45 menit babak pertama. Alhasil Newcastle gagal menorehkan satu pun tembakan tepat sasaran, bahkan gagal menciptakan ancaman berbahaya ke gawang David Raya.

Alhasil gelar pemain terbaik dalam pertandingan itu, diberikan kepada Jorginho untuk yang kedua kalinya pada musim ini. Disamping itu, penampilan impresif gelandang gaek ini membuat  sang kapten, Martin Odegaard memberikan sanjungan secara khusus.

“Apa yang terjadi melawan Newcastle terakhir kali memberikan kami tambahan semangat bertarung hari ini. Meskipun kami lelah, kami ingin datang kesini dan memberikan malam yang baik kepada penggemar, dan kami berhasil. Sejak awal pertandingan kami sangat agresif. Jorginho  Declan, mereka sangat bagus dalam mengalirkan bola malam ini.”kata Odegaard.