Pemilu 2024 WNI Antusias Nyoblos Datangi TPS di Jerman

Nasional

BERLIN, Actadiurma.id – Warga Indonesia di Jerman baru saja menunaikan hak demokrasi mereka dengan mencoblos pada pemilihan umum (pemilu) 2024, Sabtu (10/02). Pemilu di luar negeri, termasuk di Jerman, memang digelar beberapa hari lebih cepat dibandingkan dengan di Indonesia yang dijadwalkan berlangsung pada 14 Februari.

Pada pemilu kali ini, puluhan ribu warga Indonesia yang berhak memilih dapat mencoblos baik lewat pos, maupun datang langsung ke tempat pemilihan suara. Tiga kota di Jerman yakni Berlin, Frankfurt dan Hamburg pun menjadi lokasi pencoblosan langsung. Ketiga kota ini dipilih dan terdaftar di Daftar Pemilih Tetap di Jerman karena terdapat kantor perwakilan kedutaan besar maupun konsulat jenderal.

Meski memilih lebih cepat, surat suara yang basuk baru akan dihitung pada tanggal 14 Februari setelah berlangsungnya pemilu di Indonesia. Warga Indonesia di luar negeri memperoleh dua surat suara, yang pertama untuk memilih presiden-wakil presiden dan ynag kedua adalah memilih calon anggota DPR RI daerah pemilihan DKI Jakarta II.

Di wilayah kerja PPLN Berlin terdapat 4.545 orang yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dari jumlah tersebut, sedikitnya 496 orang akan memilih lewat pos, dan 4.049 memilih langsung. Jumlah pemilih di PPLN Berlin meningkat pesat apabila dibandingkan dengan yang terdaftar pada pemilu tahun 2019 yakni sekitar 2.100 orang.