Sikap 3 Paslon Usai Muncul Dugaan Kecurangan di Malaysia

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menyampaikan dugaan kecurangan surat suara di Tempat Pemungutan Surat Suara Luar Negeri (TPSLN) di Malaysia tercoblos pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Dirangkum detikcom, Kamis (8/2/2024), soal dugaan kecurangan surat suara ini disampaikan Wakil Ketua TKN Habiburokhman. Dia mengatakan kondisi surat suara itu sudah tercoblos.

“Kami ingin menyampaikan ekspos terkait informasi yang menurut kami cukup meyakinkan, yaitu dugaan kecurangan yang sangat-sangat kasat mata terjadi di luar negeri ya, Malaysia, TPSLN Malaysia,” kata Habiburokhman kepada wartawan di Media Center TKN, Jalan Sriwijaya Nomor 16, Jakarta Selatan, Selasa (6/2) lalu.

Ganjar Pranowo menanggapi viral video dugaan kecurangan surat suara di TPSLN Malaysia yang sudah tercoblos gambar dirinya dan Mahfud Md. Ganjar meminta Bawaslu untuk memeriksa hal itu.

“Bawaslu segera menindaklanjuti,” kata Ganjar di De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (7/2).

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin juga merespons itu. Cak Imin mengatakan Timnas AMIN belum mengambil langkah hukum terkait dugaan kecurangan tersebut.

“Kita belum mengambil langkah,” kata Cak Imin di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (6/2) malam.

Cak Imin mengatakan pihaknya tengah menyiapkan tim. Dia menuturkan tim itu nantinya akan melakukan monitor dan memberikan komplain ke Bawaslu atau KPU terkait dugaan kecurangan tersebut.