Tim SAR Berhasil Temukan KM Mutiara yang Sempat Lost Contact

Lokal

PANGKALPINANG Actadiurma.id – 8 Februari 2024. Pencarian terhadap KM Mutiara yang alami lost contact di perairan pulau Ketawai membuahkan hasil pada pencarian hari kedua.

KM Mutiara beserta nahkoda berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan dalam keadaan selamat di perairan penyak.

Sebelumnya Tim SAR Gabungan melakukan penyisiran dengan menggunakan KN SAR KARNA 246. Tim SAR gabungan yang terdiri dari Tim Rescue Kansar Pangkalpinang, ABK KN SAR Karna 246, Satpolairud Polres Bateng, Laskar Sekaban dan nelayan Tepat pukul 11.10 WIB berhasil menemukan kapal KM Mutiara.

Selanjutnya kapal tersebut di tarik menuju dermaga kurau oleh kapal nelayan KM Harapan .

Nahkoda KM Mutiara a.n edi menuturkan bahwa “kapal mengalami keadaan trouble engine pada kolaher gearbox , kesulitan kami pada saat itu genset dalam keadaan mati sehingga kami tidak dapat berkomunikasi dikarenakan ponsel kami lawbat. Untuk keadaan kami baik-baik saja, terima kasih kepada tim SAR gabungan atas responnya dalam pencarian terhadap kapal kami” tutur Edi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa,S.H.,M.Si menuturkan”akhirnya kami bersama tim sar gabungan yang didukung oleh Satpolairud Polres Bateng bersama laskar sekaban dan nelayan berhasil menemukan korban bersama kapalnya dalam keadaan selamat di perairan penyak. Terima kasih juga kami ucapkan atas bantuan Kasatpolairud yang turut andil dalam proses pencarian dengan menurunkan kapal speedlidah milih mereka, semoga kita bisa terus besinergi dan bekerja sama agar pelayan di kepulauan bangka belitung dapat lebih maksimal” Tutur Oka di Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang.