Laksanakan Program Gerakan TNI AD Manunggal Air Bersih, Dandim 0431/Babar Targetkan 10 Titik di Wilayah Babar

Lokal

MENTOK, Actadiurma.id — Dandim 0431/ Bangka Barat Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval melaksanakan Program Gerakan TNI AD Manunggal Air Bersih secara serentak di seluruh wilayah Indonesia di Kabupaten Bangka Barat, Senin (06/02/2024)

Program tersebut menyebar sebanyak 1.898 titik se Indonesia dan secara virtual yang di pimpin KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M. SC bertempat di Dusun VII Desa Belo Laut Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Selasa.

Hadir dalam kegiatan tersebut Heru Warsito (Asisten Prekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah), Wakapolres Bangka Barat Kompol Iman Teguh Prasetyo,
Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Agung Trisa Putra, SH.

Selain itu, Mayor Chb Nawawi ( Kasdim 0431/BB), Fitria Hady SH ( Hakim Pengadilan Negeri Mentok ), Mayor Kav Suherman ( Danramil 431-02/Mentok ), Kapten Czi Maharudin ( Pasiter Kodim 0431/BB ), Zelmi ( Kasi trantib Kecamatan Mentok ), Ibnu ( Kepala Desa Belo Laut ), Para Babinsa,Toga,Tomas dan masyarakat penerima bantuan.

Dalam sambutannya KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.SC menyampaikan, beberapa tahun terakhir terjadi krisis air di beberapa wilayah di Indonesia karena air merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi kehidupan masyarakat dan menjadi permasalahan yang harus mendapatkan penanganan yang secara efektif.

“Melihat situasi seperti ini, sehingga ada program yang cemerlang digalakkan melalui TNI Angkatan Darat manunggal air hingga pembangunan pompa hidran secara tersebar dan serentak di pulau Indonesia, semoga dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu kesulitan masyarakat dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Semoga dengan terpenuhinya kebutuhan air di wilayah juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pertanian masyarakat. Program ini akan terus dilaksanakan secara menyeluruh di berbagai daerah yang kesulitan akses air bersih di seluruh Indonesia.

Kodim 0431/Bangka Barat sebagai pelaksana, mengatakan sumur bor ini memang menjadi salah satu prioritas utama yang harus dibangun mengingat sulit mendapatkan air bersih.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0431/ Bangka Barat Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval mengungkapkan rasa syukurnya atas kegiatan yang telah berjalan dengan baik, dimana dikatakannya untuk Kabupaten Bangka Barat sampai saat ini sudah dibangun sebanyak 4 titik sumur bor.

“Alhamdulillah, berkat Allah SWT pagi ini kita melaunching 1.898 titik air yang dilakukan oleh Angkatan Darat di seluruh Indonesia, dimana di wilayah Kabupaten Bangka Barat hari ini kita melaunching di titik Desa Belo laut yang bekerjasama dengan PT. Timah Tbk,” ungkapnya.

“Kalo di Bangka Barat sendiri kita sudah melakukan pembuatan manunggal air berupa sumur bor sebanyak 4 titik, yaitu di Desa Air Putih yang merupakan swadaya Kodim, Desa Air Belo bekerjasama dengan Polres Bangka Barat, Kelurahan Sungai baru dan di Desa Belo laut,” sambungnya

Menurutnya, kegiatan serupa akan terus dilaksanakan bekerjasama dengan instansi terkait termasuk pihak swasta, dengan beberapa target pembangunan sumur bor di seluruh wilayah Kabupaten Bangka Barat pada tahun 2024.

“Kedepan kami sudah membangun komunikasi dengan pihak Polres, Nanti rencananya akan ada beberapa titik yang dikerjakan bersama Polres dan instansi terkait termasuk swasta, dalam hal ini Bapak Menkiong yang sudah menyatakan kesediaannya membantu program air bersih ini,”.

“Harapan kami kita dapat membangun 10 titik air dalam tahun ini, Dimana nanti pada tahap berikutnya kita akan mencoba membangun di Kecamatan Kelapa,” tutupnya.