Patroli Angkatan Laut Tiongkok Memasuki Perbatasan Jepang dan Taiwan

Internasional

TAIWAN, Actadiurma.id – Bukan hanya Selat Taiwan; Angkatan Laut Teater Timur juga semakin aktif di Laut Cina Timur. Politik sering kali mendorong pergeseran operasi armada angkatan laut. Seperti yang ditulis oleh mendiang ahli strategi angkatan laut Kapten Wayne Hughes: “Variabel pada tingkat operasional perang bukan berasal dari teknologi tetapi dari perubahan sosial dan politik.”

Patroli Angkatan Laut Teater Timur (ETN) Tiongkok di Laut Cina Timur bagian selatan dan sekitar Taiwan kemungkinan besar mengikuti logika ini. Pembentukan patroli ini selama beberapa tahun terakhir kemungkinan besar bertujuan untuk mengubah status pasukan kontrol lautnya dan menegakkan klaim Tiongkok.

ETN mempertahankan delapan kombatan harian yang berpatroli di dekat Jepang dan Taiwan (masing-masing tiga dan lima). Patroli ini memerlukan 14 persen korvet, fregat, dan kapal perusak ETN setiap hari. Persyaratan kekuatan ini mungkin menjelaskan keputusan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat untuk memindahkan enam dari sepuluh fregat Tipe 054A (JiangkaI II) dalam batch produksi terbaru di ETN.

Patroli Laut Cina Timur dilaporkan berada di dekat Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) yang diklaim Tiongkok, dan ETN diduga memulai patroli setelah pembentukan ADIZ pada bulan November 2013.

Selain itu, beberapa pejabat di pemerintahan Jepang percaya bahwa patroli tersebut juga terkait dengan klaim Beijing. atas pulau-pulau yang disengketakan, mengingat kedekatannya. Pulau-pulau tersebut, yang dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan Diaoyu di Tiongkok, berada di bawah pemerintahan Jepang tetapi juga diklaim oleh Tiongkok.