Imbang Lawan Indonesia, Pelatih Sepak Bola Australia Mundur

Sport

PSSI, Actadiurma.id – Pelatih tim sepak bola Australia undur diri setelah timnya kalah dari Bahrain dan imbang melawan Indonesia di kualifikasi Piala Dunia. Pelatih tim nasional sepak bola Australia Graham Arnold mengundurkan diri. Keputusan ini menurutnya adalah yang “terbaik untuk negara”.

Keputusan ini diambil Arnold menyusul awal yang buruk pada fase ketiga kualifikasi Asia untuk Piala Dunia 2026.

Pengunduran diri Arnold mengakhiri masa jabatan keduanya selama enam tahun, menyusul kritik keras setelah kekalahan 1-0 dari Bahrain di kandang sendiri dan hasil imbang 0-0 saat bertanding melawan tim Indonesia.

Padahal, menurut ranking Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) peringkat timnas Australia jauh di atas Indonesia, yakni di posisi 25 untuk Australia dan Indonesia di posisi 129.

Keputusan mengejutkan itu muncul seminggu setelah kepala eksekutif Football Australia (FA), James Johnson, sangat mendukung pria berusia 61 tahun itu sebagai orang yang akan mengembalikan timnas Australia ke jalur yang benar. Meski kokoh dalam pertahanan, Australia telah lama kekurangan pemain tengah dan penyerang berkualitas. Kesulitan tim Australia memuncak dalam beberapa minggu terakhir dalam laga melawan Bahrain dan Indonesia.

Mundurnya “Arnie” itu bukanlah akhir bagi harapan Australia untuk lolos ke Piala Dunia enam kali berturut-turut pada tahun 2026. Johnson yakin hal ini dapat dicapai di bawah kepemimpinan baru.

“Kami percaya pada para pemain,” katanya. “Kami percaya pada tim. Kami berkeyakinan besar bahwa tim akan terus maju dan lolos ke Piala Dunia pada tahun 2026.”