YouTube dan Shopee Bermitra Dalam Kerja Sama e-Commerce di Asia Tenggara

Hiburan & Teknologi

JAKARTA, Actadiurma.id – Platform YouTube dan e-commerce milik Alphabet Inc, Shopee, mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka meluncurkan layanan belanja online di Indonesia dan berencana untuk memperluasnya di Asia Tenggara seiring meningkatnya persaingan dengan operator saingan yang dimiliki oleh TikTok.

Melalui kerja sama YouTube Shopping, masyarakat akan dapat membeli barang-barang yang dilihat di YouTube melalui tautan ke Shopee, yang dimiliki oleh konglomerat teknologi Asia Tenggara Sea Ltd.

Eksekutif perusahaan mengatakan kepada wartawan bahwa mereka berencana memperluas layanan ke Thailand dan Vietnam dalam beberapa minggu. YouTube Shopping sudah aktif di Korea Selatan dan Amerika Serikat.

“Energi dan kecepatan belanja online” di Indonesia adalah faktor yang mendorong peluncuran ini, kata direktur YouTube Asia-Pasifik Ajay Vidyasagar di Jakarta.

Dengan YouTube Shopping, Alphabet Inc dan Shopee akan bersaing dengan TikTok, aplikasi video milik Bytedance, yang telah meningkatkan ambisinya di wilayah ini setelah mengambil alih platform e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia.