WRC Acropolis: Raih Kemenangan, Neuville Kian Dekat dengan Titel

Sport

WRC, Actadiurma.id – Thierry Neuville mengambil langkah signifikan menuju gelar perdana setelah babak final WRC Acropolis Yunani yang dramatis, Minggu (8/9/2024). Pereli Hyundai itu meraih kemenangan di Reli Acropolis paling sulit dalam beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan peluangnya meraih titel Kejuaraan Dunia Reli setelah rivalnya Sebastien Ogier crash di etape terakhir.

Pemimpin klasemen sementara, Neuville dan co-driver Martijn Wydaeghe, menggondol kemenangan kedua musim ini dengan selisih waktu 1:36,8 detik dari rekan setimnya Dani Sordo, dan Ott Tanak berada di urutan ketiga (+2 menit 57,3 detik) untuk melengkapi kemenangan mengejutkan Hyundai 1-2-3. Rival utama Neuville, Ogier, sempat berada di posisi kedua sebelum akhirnya melintangkan Toyota GR Yaris-nya pada fase final yang penuh drama.

Sebanyak delapan dari sembilan peserta Rally1 mengalami masalah serius selama tiga hari kompetisi dan acara ini meninggalkan jejak yang signifikan dalam perebutan gelar juara. Perjalanan Neuville menuju kemenangan, yang dimulai dari posisi pertama, bukannya tanpa masalah setelah i20 N yang dikendarainya mengalami kerusakan pada tiga silinder pada tiga Special Stage pembuka, sebelum mengakhiri hari Jumat dengan selisih 45,2 detik di posisi ketiga.

Rival utama sekaligus pembalap paruh waktu, Ogier, membukukan waktu tercepat pada Jumat. Juara dunia delapan kali ini memimpin atas Tanak dengan selisih waktu 11,7 detik sebelum terjadi kerusakan turbo di akhir etape lima. Pembalap asal Prancis ini kehilangan waktu lebih dari 2,5 menit, yang secara efektif mengurangi peluangnya untuk meraih kemenangan.