SpaceX Bawa Pulang Dua Astronaut NASA di ISS pada 2025

Hiburan & Teknologi

Actadiuirma.id – Setelah misi Boeing gagal, dua astronaut yang terdampar di ISS kini akan menumpang SpaceX pulang ke Bumi pada Februari 2025. Dua astronaut yang terjebak di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS), setelah rusaknya mesin pada kapsul Boeing Starliner mereka, kini dijadwalkan kembali ke Bumi pada Februari 2025 dengan menumpang pesawat ruang angkasa komersial, SpaceX, ungkap Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada Sabtu (24/08).

Astronaut asal Amerika Serikat (AS) Barry “Butch” Wilmore dan Sunita “Suni” Williams melakukan perjalanan ke ISS dalam penerbangan uji coba berawak pertama Starliner pada 5 Juni untuk misi yang direncanakan berlangsung selama tujuh hari.

Namun, sistem pendorong kapsul Starliner mengalami gangguan dalam 24 jam pertama penerbangan, sehingga kedua astronaut veteran itu terdampar di ISS selama 79 hari.

Pada Sabtu (24/08), administrator NASA Bill Nelson mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa Wilmore dan Williams akan kembali ke Bumi pada awal tahun depan, sementara pesawat Starliner akan kembali tanpa awak. Kepala operasi ruang angkasa NASA, Ken Bowersox, mengatakan bahwa para petinggi badan antariksa telah memilih dengan suara bulat bahwa Crew-9 Dragon yang akan membawa pulang para astronaut mereka.

Penyelamatan para astronaut oleh Space-X, saingan terbesar Boeing di ruang angkasa, adalah pukulan terbaru bagi Boeing yang juga sedang dilanda krisis.