Thailand Tawarkan Visa Khusus Untuk Para Digital Nomad

Internasional

BANGKOK, Actadiurma.id – Thailand telah memperkenalkan program visa baru untuk menarik para pekerja lepas digital dan pekerja jarak jauh (digital nomad). Skema ini menawarkan opsi tinggal lebih lama, yang akan meningkatkan perekonomian negara. Thailand memulai skema visa baru bulan lalu yang memungkinkan orang-orang yang biasanya datang sebagai turis untuk tinggal dan bekerja di negara tersebut.

Diluncurkan pada 15 Juli, Destination Thailand Visa (DTV) ditujukan untuk menarik pekerja jarak jauh atau remot, pekerja lepas, dan mereka yang biasa disebut pekerja digital jarak jauh atau digital nomad, untuk tinggal, bekerja, dan bepergian di negara tersebut hingga 180 hari per kedatangan. Visa itu berlaku selama 5 tahun.

Naruchai Ninnad, wakil direktur jenderal urusan konsuler Thailand, mengatakan kepada DW sekitar 1.200 visa DTV telah disetujui secara resmi dari 47 kedutaan dan konsulat di luar negeri.

Ia menambahkan bahwa masih ada lebih dari 40 kedutaan dan konsulat yang belum memberikan jumlah visa DTV karena pemohon mereka tidak tercatat melalui sistem e-Visa.