Jawaban Anies untuk Megawati Soal Loyalitas Jika Ingin Diusung PDIP

Nasional

JAKARTA — Anies Baswedan buka suara terkait loyalitas yang dipertanyakan Megawati jika ingin diusung PDIP ke ajang Pilkada Jakarta 2024. Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri sempat mempertanyakan keseriusan Gubernur DKI Jakarta periode 2017–2022 itu untuk patuh kepada partai jika diberikan dukungan di Pilkada Jakarta 2024.

Anies menuturkan bahwa Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri hanya merujuk pada amanat konstitusi dan cita-cita untuk mewujudkan Indonesia yang satu dan beragam.

“Kita semua menyadari bahwa beliau [Megawati Soekarnoputri] merujuk kepada amanat konstitusi, cita-cita bernegara, cita-cita untuk mewujudkan Indonesia satu, yang beragam, tetapi bersama dan itulah yang kita jadikan rujukan sama-sama,” kata Anies di Gedung DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (24/8/2024).

Sayangnya, Anies tak merespons secara detail saat ditanya terkait masuknya dirinya menjadi kader PDIP. “Ini masih jalan prosesnya,” ujarnya. Lebih lanjut, Anies hanya menyampaikan bahwa dirinya akan memberikan informasi jika ada pertemuan berikutnya, termasuk jadwal bertemu dengan Megawati Soekarnoputri.