India Menyalip Tiongkok sebagai Pembeli Minyak Utama Rusia

Internasional

TIONGKOK, Actadiurma.id – India telah melampaui Tiongkok sebagai importir minyak Rusia terbesar di dunia pada bulan Juli, berdasarkan perbandingan data impor.

New Delhi telah meningkatkan pembelian minyak mentah karena diskon yang ditawarkan oleh Moskow ketika Rusia mengalihkan ekspor energi dari pasar Barat sebagai tanggapan terhadap sanksi terkait Ukraina.

Minyak mentah Rusia menyumbang 44% dari keseluruhan impor India pada bulan lalu, naik ke rekor 2,07 juta barel per hari (bph), 4,2% lebih tinggi dibandingkan bulan Juni dan 12% lebih tinggi dari tahun lalu, menurut data pengiriman India dari sektor perdagangan dan perdagangan. sumber industri.

Impor minyak Tiongkok dari Rusia melalui pipa dan pengiriman pada bulan Juli berjumlah 1,76 juta barel per hari, menurut data bea cukai Tiongkok. Data menunjukkan penurunan pembelian oleh perusahaan penyulingan Tiongkok disebabkan oleh rendahnya margin keuntungan dari produksi bahan bakar.

Pabrik penyulingan India telah meningkatkan pembelian minyak Rusia dengan potongan harga sejak Februari 2022, setelah negara-negara Barat menjatuhkan sanksi terhadap Moskow dan mengurangi impor energi mereka sebagai respons terhadap konflik di Ukraina.

“Kebutuhan India akan minyak Rusia akan meningkat selama tidak ada sanksi yang lebih ketat,” kata sumber penyulingan India kepada Reuters.

Meningkatnya pembelian oleh India mengubah aliran minyak mentah campuran ESPO (Pipa Minyak Siberia Timur – Samudera Pasifik) Rusia dari pembeli tradisional Tiongkok ke Asia Selatan.