Bahlil Lahadalia Dapat Dukungan Bulat untuk Menjadi Ketua Umum Partai Golkar

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia mendapat dukungan bulat dari delegasi seluruh cabang Partai Golkar di daerah untuk menjadi ketua berikutnya dalam kongres nasional partai tersebut pada Selasa malam, kata seorang pejabat senior partai.

Bahlil diperkirakan akan resmi dilantik menjadi ketua umum secara aklamasi pada hari kedua kongres, menurut Wakil Ketua Umum Partai Golkar Adies Kardi yang memimpin rapat paripurna.

Kongres tersebut diadakan setelah ketua umum saat ini, Airlangga Hartarto, mengundurkan diri secara tak terduga, meskipun kinerja pemilu Golkar sangat baik di bawah kepemimpinannya dan janji sebelumnya untuk mencalonkan diri lagi.

“Seluruh cabang provinsi dan kabupaten telah berjanji mendukung Pak Bahlil Lahadalia untuk memimpin partai tersebut pada tahun 2024 hingga 2029,” kata Adies di Jakarta Convention Center. Dalam sesi tersebut, Pj Ketua Umum Agus Gumiwang Kartasasmita memuji kepemimpinan Airlangga dan memujinya karena membantu Golkar mengamankan posisinya sebagai partai terbesar kedua di DPR.

Mari kita luangkan waktu sejenak untuk mengenal Pak Airlangga Hartarto, kata Agus. “Di bawah kepemimpinannya, Golkar meraih 102 kursi DPR, meraup 23,2 juta suara, 359 kursi di legislatif provinsi, dan 2.521 kursi di legislatif kabupaten.”

Airlangga belum menjelaskan secara rinci terkait pengunduran dirinya yang tiba-tiba tersebut, hanya menyebutkan keinginannya untuk fokus pada tanggung jawabnya sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.