Hentikan Batubara, Akhiri Energi Kotor di Indonesia

Nasional

PADANG, Actadiurma.id – Memperingati momentum HUT RI ke-79, Roehana Project bersama Trend Asia mengibarkan bendera merah putih dan spanduk besar bertuliskan pesan ‘Merdeka Batubara’ di sepanjang pesisir pantai Kota Padang, Sumatera Barat, pada Minggu, 18 Agustus 2024.

“Gerakan ini bertujuan untuk mengingatkan kita semua bahwa tidak ada kebebasan di udara yang tercemar,” kata Jaka HB, Ketua Yayasan Roehana Independen Indonesia (Proyek Roehana).

Menurutnya, gerakan ini semakin mendesak karena melihat semakin cepatnya kerusakan lingkungan. Ia menilai pencemaran udara memberikan dampak terhadap masyarakat seperti tingginya angka ISPA, semakin jauhnya jarak dari wilayah penangkapan ikan nelayan, dan perubahan perekonomian masyarakat.

“Karena itu hentikan energi kotor. Masyarakat menginginkan udara bersih dan transisi energi yang adil,” katanya.

Ia mengatakan Hari Kemerdekaan memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu.

“Apakah kita benar-benar mandiri? Kalau kita sudah mandiri, kenapa kita masih menghirup udara kotor yang bisa merusak paru-paru kita sendiri?” katanya.

Jaka mengatakan, tim memilih Kota Padang sebagai lokasi pengibaran spanduk karena lokasi tersebut mewakili wilayah di Indonesia yang terkena dampak langsung energi kotor.