314 Calon Jamaah Haji Kabupaten Bangka Berangkat ke Makkah Esok Hari, Segini Rata-Rata Biayanya

Lokal

BANGKA, Actadiurma.id – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka akan memberangkatkan 314 calon jamaah haji untuk tahun 2024, dari 1116 calon jamaah haji asal Bangka Belitung.

Hal tersebut disampaikan oleh Giapul Prabungga, Staf PHU Kantor Kemenag Bangka, Senin (13/5/2024), saat ditemui iNews.id, di Kantor Kemenag Bangka.

“Dari 314 jamaah itu, semuanya akan diberangkatkan. Jumlah itu seluruh, juga para Lansia (lanjut usia) yang ada di daerah kita, termasuk penggabungan mahrom,” jelasnya.

Untuk biaya haji bagi para calon jamaah di Kabupaten Bangka sendiri, mengikuti ketetapan dari pemerintah pusat, dimana berkisar di angka Rp53 jutaan.

Menurutnya, angka tersebut mengalami kenaikan dari angka yang sebelumnya berada dikisaran Rp48 jutaan. Sementara nilai manfaat dari BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji) sendiri, sebesar Rp1,7 jutaan per orang, merupakan angka yang disetujui pihak DPR RI.

“Jadi, pelunasan yang dilakukan para jamaah tidak sebesar 53 jutaan tadi. Jadi, Rp52 juta sekian, karena dipotong Rp1,7 jutaan tadi,” terangnya.

Sementara itu, untuk jadwal keberangkatan para jamaah haji Indonesia, mengikuti urutan kloter. Keberangkatan jamaah haji Kabupaten Bangka sendiri, mengikuti jadwal keberangkatan embarkasi Sumatera Selatan (Sumsel).

Untuk urutan keberangkatan jamaah haji Kabupaten Bangka, yang termasuk di dalam kloter 4 dan 5, dimana kloter 4 dijadwalkan memasuki asrama pada esok hari, Selasa (14/5) lalu pada Rabu (15/5) akan berangkat ke Palembang serta langsung menuju Madinah.

“Sementara kloter 5 sendiri dijadwalkan masuk asrama tanggal 16 (Mei) dan tanggal 17 berangkat ke Palembang dan langsung diterbangkan ke Madinah,” ungkap Gangga. (Rma)