Rusmanadi Menilai Motivasi Belajar Murid Menurun

Lokal

BANGKA BARAT, Actadiurma.id — Bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, seorang guru di Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), ikut memberikan pendapat terkait dunia pendidikan saat ini.

Rusmanadi menilai, motivasi belajar para murid di Kabupaten Bangka Barat, banyak mengalami penurunan setiap tahunnya. Salah satu faktor penyebabnya, anak-anak sekarang lebih suka main game dan medsos di handphone, ketimbang belajar.

“Akhir-Akhir ini menurut saya pribadi banyak mengalami penurunan dari generasi ke generasi. Apalagi sekarang sangat mudah sekali lulus, akhir-akhir guru juga di bebani dengan administrasi, disamping anak-anak motvasinya kurang, gurunya sibuk, ya kalau saya lihat turun drastis,” ucapnya, Kamis (2/5/2024).

Rusmanadi mengatakan, meskipun dirinya sebagai guru seni budaya. Dia pernah melakukan test kepada murid terkait pelajaran matematika, yang membuatnya merasa kecewa.

“Meskipun saya mengajar di seni, kadang-kadang saya tes, di SMP itu masih ada yang nggak hafal perkalian,” ujarnya.

Guru berusia 53 ini berharap, pendidikan di Kabupaten Bangka Barat dapat ditingkatkan, terutama pada motivasi belajar para murid, supaya mampu bersaing dengan daerah lain.

“Harusnya mulai dari dasar, nggak usah langsung berlebihan, kemudian tenaga pendidikan juga harus konsentrasi ke anak-anak. Terus dibatasi lagi bermain handphone, karena sekarang lebih banyak kesana daripada belajar,” katanya.