Hak Tiongkok untuk Bekerja Sama dengan Rusia Tidak Boleh Dibatasi

Internasional

BEIJING, Actadiurma.id – Tiongkok mempunyai hak atas perdagangan normal dan kerja sama ekonomi dengan Rusia, yang tidak boleh diganggu atau dirusak, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Lin Jian pada hari Senin.

“Hak Tiongkok untuk terlibat dalam perdagangan normal dan hubungan ekonomi dengan semua negara di dunia, termasuk Rusia, atas dasar kesetaraan dan saling menguntungkan tidak boleh diganggu atau dirusak,” kata Lin dalam konferensi pers.

AS terus-menerus memasok senjata ke Ukraina, dan pada saat yang sama melontarkan tuduhan tak berdasar mengenai hubungan ekonomi yang normal antara Tiongkok dan Rusia, tambah juru bicara itu.

“Hak dan kepentingan sah Tiongkok tidak boleh dilanggar, dan kami menyerukan kepada AS untuk berhenti merendahkan Tiongkok dan memberikan tekanan, berhenti saling menyalahkan, berhenti menerapkan sanksi sepihak tanpa pandang bulu terhadap perusahaan-perusahaan Tiongkok, dan benar-benar memainkan peran konstruktif dalam membawa krisis ke tingkat yang lebih tinggi. akhir yang paling awal,” katanya.

Pada hari Jumat, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan bahwa Amerika Serikat siap mengambil tindakan terhadap Tiongkok melebihi tindakan yang telah diambil jika Beijing tidak berhenti mendukung Rusia.