Indonesia Segera Miliki 2 Kapal Selam Scorpene Buatan Prancis

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Indonesia telah menyetujui kontrak pengadaan dua kapal selam Scorpene yang diproduksi oleh Naval Group, Prancis. Penandatanganan kontrak dilakukan oleh Kementerian Pertahanan RI, Naval Group, dan PT PAL Indonesia di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, pada Kamis, 28 Maret 2024.

“Naval Group merasa sangat terhormat bisa menjadi bagian dari babak baru aliansi strategis antara Indonesia dan Prancis,” kata Chairman dan CEO Naval Group Pierre Eric Pommellet dalam keterangannya, dikutip Rabu 3 April 2024.

Sementara itu, PT PAL juga menyampaikan kabar penandatanganan kontrak pengadaan dua kapal selam Scorpene dengan Indonesia.

“Naval Group dan PT PAL Indonesia telah menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan yang dipimpin oleh Prabowo Subianto untuk dua kapal selam Scorpene Evolved Full LiB. Penandatanganan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah membangun postur pertahanan yang ideal, tulis PT PAL.

Scorpene Evolved Full LiB yang akan dibangun di PT PAL merupakan kapal selam yang dilengkapi sistem energi mutakhir dengan menggunakan baterai Lithium-ion. Kapal ini memiliki banyak kemampuan otomatisasi yang memungkinkan pengoperasian dengan awak yang lebih sedikit.