AS dan Filipina Meluncurkan Latihan Darat Bersama di Utara Manila

Internasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Tentara Amerika dan Filipina memulai latihan gabungan tahunan pada minggu ini yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan kekuatan darat bilateral untuk operasi bersama.

Latihan Salaknib biasanya diselenggarakan di Fort Magsaysay, tempat latihan utama tentara Filipina yang terletak di utara Manila. Edisi tahun ini menampilkan sekitar 600 personel Angkatan Darat AS pada fase pertama dan proyeksi 1.500 personel pada fase kedua, menurut perkiraan Angkatan Darat AS untuk Indo-Pasifik.

“Dengan memperkuat kesiapan kolektif kami bersama Angkatan Bersenjata Filipina, Salaknib meningkatkan kemampuan operasional kami dan memperkuat Aliansi A.S.-Filipina yang sudah lama dan kuat, menunjukkan dedikasi kami terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata pasukan AS pada hari Selasa.

Latihan tahun ini akan mencakup operasi infanteri, operasi multi-domain, pelanggaran perkotaan, operasi hutan, masuk secara paksa bersama, serangan udara dan langsung, operasi lembing dan anti-tank.

Latihan ini akan mengintegrasikan Joint Pacific Multinational Readiness Center (JPMRC), yang merupakan fasilitas pelatihan tempur regional AS pertama di Indo-Pasifik.

Fitur baru lainnya adalah penyebaran sistem senjata MRC jarak menengah yang diluncurkan di darat ke negara Asia Tenggara. Sistem ini terdiri dari peluncur, rudal dan pusat operasi baterai, menurut pabrikannya, Lockheed Martin.