75 Sesar Aktif Terdeteksi di Pulau Jawa

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Ilmuwan geologi telah mengidentifikasi 75 sesar aktif di sepanjang Pulau Jawa yang berpotensi menimbulkan guncangan gempa lagi di masa mendatang.

“Sebanyak 50 persen penduduknya tinggal di Pulau Jawa. Artinya kita perlu melindungi masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa,” kata Peneliti Pusat Penelitian Bencana Geologi BRIN Nuraini Rahmah Hanifa, dikutip Kamis 4 April 2024.

Berdasarkan peta gempa tahun 2017, jumlah sesar di Pulau Jawa tercatat sebanyak 31 sesar aktif dan total seluruh Indonesia saat itu mencapai 295 sesar aktif.

Berdasarkan update data terakhir tahun 2024, jumlah sesar aktif di Pulau Jawa mencapai 75 titik dan total di seluruh Indonesia sebanyak 400 sesar aktif.

Nuraini mengatakan sesar aktif yang parameternya sudah diketahui kurang dari 30 persen. Menurut dia, angka 75 sesar tersebut menandakan bukan bertambahnya sesar aktif melainkan bertambahnya pengetahuan manusia.

Selama tujuh tahun terakhir, para ilmuwan berhasil menemukan kesalahan baru yang sebelumnya tidak diketahui karena keterbatasan teknologi dan ilmu pengetahuan.