Estonia Melipatgandakan Belanja Pertahanannya untuk Melawan Rusia

Internasional

MOSKOW, Actadiurma.id – Panglima militer Estonia mengatakan pada Kamis (28 Maret) bahwa negaranya perlu melipatgandakan belanja pertahanan selama dua tahun ke depan untuk menimbun cukup amunisi guna menimbulkan kekalahan telak terhadap pasukan invasi Rusia.

Jenderal Martin Herem mengatakan baik ancaman respons nuklir maupun kemungkinan jatuhnya korban jiwa dalam jumlah besar tidak akan menghalangi Presiden Vladimir Putin jika ia memilih untuk menyerang negara tetangga kecil Rusia di Baltik, yang akan hancur kecuali ia berhasil dipukul mundur dengan cepat.

“Jika Anda menunjukkan wajah Anda di perbatasan saya, kemenangan yang menentukan harus terjadi dengan sangat cepat: bukan dalam hitungan bulan atau tahun, tapi hari dan minggu,” kata Herem dalam sebuah wawancara di Jepang, saat dia bertemu dengan para pejabat pertahanan. “Jika kami benar-benar yakin hal itu akan terjadi dalam tiga tahun, maka kami harus mengambil keputusan hari ini.”

Putin pada hari Rabu secara eksplisit membantah bahwa Rusia mempunyai rencana terhadap anggota NATO mana pun, namun invasi besar-besarannya ke Ukraina pada tahun 2022 telah membuat negara-negara Barat khawatir bahwa ia akan berusaha memulihkan kendali Moskow atas sebagian besar wilayah bekas Uni Soviet, atau bahkan melangkah lebih jauh.

Estonia, yang pernah menjadi republik Soviet, telah meningkatkan anggaran pertahanannya menjadi sekitar 3 persen dari produk domestik bruto (PDB), menjadikannya pemimpin di antara negara-negara anggota AS.