Pemilik Toko Serba Ada di Malaysia Didakwa Atas Kaus Kaki ‘Allah’

Internasional

Kuala Lumpur, Actadiurma.id – Pemilik jaringan toko serba ada di Malaysia dan salah satu pemasoknya pada hari Selasa didakwa menyinggung perasaan keagamaan umat Islam setelah kaus kaki bermotif kata “Allah” ditemukan dijual di rak-rak toko tersebut.

Chai Kee Kan, pendiri dan ketua KK Mart Group, jaringan toko serba ada terbesar kedua di negara itu, dan istrinya Loh Siew Mui, seorang direktur perusahaan, mengaku tidak bersalah atas tuduhan sengaja melukai perasaan keagamaan umat Islam. Perusahaan menyalahkan pemasoknya karena mengirimkan produk yang tidak disetujui oleh perusahaan untuk disimpan.

Agama adalah isu sensitif di Malaysia, di mana umat Islam merupakan dua pertiga dari total populasi 34 juta jiwa, dengan sebagian besar etnis Tionghoa dan India merupakan minoritas. Allah adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti Tuhan, dan banyak Muslim di Malaysia menganggap kata tersebut tidak pantas jika dikaitkan dengan kaki.

“Kata ‘Allah’ sangat dihargai di mata umat Islam,” kata Menteri Agama Mohamad Na’im Mokhtar seperti dikutip kantor berita nasional Bernama awal bulan ini. “Allah adalah pencipta kita dan tindakan menempatkan Allah di bawah kaki kita adalah sebuah penghinaan.”