Indonesia Semakin Dekat ke Babak Kualifikasi Piala Dunia Berikutnya dengan Kemenangan 3-0 di Vietnam

Sport

Jakarta, Actadiurma.id – Indonesia memperkuat prospeknya untuk melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia dengan kemenangan 3-0 atas tuan rumah Vietnam pada Selasa malam.

Tim Garuda memperlebar keunggulannya sebagai runner-up Grup F, kini unggul empat poin atas Vietnam. Irak tetap menjadi pemimpin grup dengan 12 poin sempurna dari empat pertandingan.

Dua tim teratas dari masing-masing grup akan mengamankan kualifikasi ke babak ketiga.

Indonesia memanfaatkan keunggulan awal berkat gol di babak pertama yang diciptakan pemain naturalisasi kelahiran Belanda Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen.

Idzes memecah kebuntuan melalui sundulan menjulang hasil tendangan sudut yang dilakukan sesama pemain kelahiran Belanda Thom Haye pada menit kesembilan. Oratmangoen menggandakan keunggulan Indonesia melalui tendangan sensasional dari sudut sempit, melewati empat pemain bertahan Vietnam sebelum menaklukkan kiper Nguyen Filip dengan tembakan presisi pada menit ke-23 pertandingan dimulai.

Ramadhan Sananta memastikan kemenangan Indonesia di masa tambahan waktu, memanfaatkan kelemahan pertahanan Vietnam yang gagal menghalau tendangan jarak jauh, membuatnya tidak terkawal di depan gawang yang terbuka.

Indonesia sebelumnya pernah mengalahkan Vietnam di Jakarta pekan lalu melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri.

Ini menandai pertama kalinya Indonesia meraih tiga kemenangan berturut-turut melawan Vietnam, menyusul kemenangan lainnya di Piala Asia tahun lalu.