DK PBB Loloskan Resolusi Gencatan Senjata, AS Abstain

Internasional

AS, Actadiurma.id – Dewan Keamanan PBB akhirnya meloloskan resolusi yang menyerukan gencatan senjata “segera” selama Ramadan di Gaza. Amerika Serikat abstain dalam pemungutan suara, menandai adanya perubahan sikap dari Washington.


Sejak hampir enam bulan perang Israel-Hamas pecah di Gaza, Dewan Keamanan PBB pada Senin (25/03) waktu setempat, akhirnya meloloskan sebuah resolusi yang menyerukan “gencatan senjata segera” sampai akhir bulan suci Ramadan.

Resolusi itu berhasil lolos berkat 14 suara dari negara-negara anggota Dewan Keamanan PBB. Sementara, Amerika Serikat (AS) abstain, menandai adanya perubahan sikap dari Washington terkait resolusi untuk Gaza.

Resolusi itu juga menekankan “kebutuhan mendesak untuk memperluas aliran bantuan kemanusiaan ke seluruh Jalur Gaza,” serta menyerukan “pencabutan semua hambatan terhadap penyediaan bantuan kemanusiaan dalam skala besar.”

Resolusi ini sebelumnya disponsori oleh Aljazair – perwakilan blok Arab di Dewan Keamanan PBB saat ini – bersama dengan anggota-anggota tidak tetap lainnya, seperti Slovenia, Swiss, Ekuador, Guayana, Jepang, Malta, Mozambik, Korea Selatan, dan Sierra Leone.