Kapal Tanker Minyak China True Confidence Diserang Rudal Milisi Houthi di Laut Merah

Internasional

DUBAI, Actadiurma.id – Sebuah kapal tanker minyak Tiongkok dilaporkan diserang dengan rudal balistik di lepas pantai Yaman pada Sabtu, 23 Maret 2024, yang ditembakkan oleh milisi Houthi.

Militer AS menyatakan kelompok pemberontak di Yaman semakin mengintensifkan serangannya terhadap kapal-kapal di Laut Merah.

Komando Pusat AS (Centcom) pada Minggu 24 Maret 2024 melaporkan Kapal Huang Pu berbendera Panama yang dimiliki dan dioperasikan oleh Tiongkok mengeluarkan panggilan darurat. Namun kapal itu tidak meminta bantuan.

“Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan,” kata pernyataan itu.

Milisi Houthi yang didukung Iran, yang menguasai sebagian besar pantai Laut Merah Yaman, telah melancarkan puluhan serangan rudal dan drone terhadap kapal-kapal selama empat bulan terakhir. Aksi ini mereka lakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap masyarakat Palestina di Gaza.

Centcom dan Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengatakan kebakaran terjadi di kapal tersebut, tetapi dapat dipadamkan dalam waktu 30 menit.

Situs pelacakan Marinetraffic kemudian mengarahkan kapal keluar dari Laut Merah menuju Teluk Aden menuju pelabuhan berikutnya.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, yang menurut UKMTO terjadi 23 mil laut sebelah barat pelabuhan Mokha di Yaman.

Centcom mengatakan Houthi telah meluncurkan empat rudal balistik anti-kapal di Laut Merah dekat Huang Pu sebelum rudal kelima menghantam kapal tersebut.