MotoGP Portugal Bastianini Rengkuh Pole, Marc Marquez Jatuh

Sport

MOTOGP, Actadiurma.id – Enea Bastianini merebut pole position pertamanya sebagai pembalap pabrikan Ducati di MotoGP Portugal, mengungguli Maverick Vinales (Aprilia) dan Jorge Martin (Pramac Ducati).

Martin kehilangan flying lap pertamanya setelah melampaui batas lintasan saat keluar dari tikungan terakhir. Runner-up gelar tersebut menebus kesalahannya pada lap keduanya, tetapi tidak bisa mengalahkan pemimpin hari Jumat Bastianini. 

Juara bertahan Francesco Bagnaia akan memimpin baris kedua di urutan keempat, dengan Jack Miller jadi KTM teratas di urutan kelima dan Marco Bezzecchi jadi satu-satunya pembalap yang memakai ban depan Hard dalam perjalanannya ke posisi enam yang kompetitif untuk VR46 Ducati.

Pole-sitter 2023 Marc Marquez – yang tampil kuat sepanjang akhir pekan bersama Gresini – terjatuh saat melakukan out-lap setelah kehilangan bagian depan di tikungan terakhir dengan kecepatan nyaris 200 km/jam.

Juara dunia delapan kali itu mampu bangkit tanpa cedera, namun motor nomor satu dan satu set ban barunya sudah tidak bisa dipakai lagi. Marquez kembali ke trek untuk menyelamatkan posisi kedelapan, tepat di belakang rookie Pedro Acosta.

Marquez bukanlah satu-satunya pembalap yang terjatuh di Q2 dengan Brad Binder juga terjatuh, namun dengan kecepatan yang jauh lebih lambat. Pembalap Afrika Selatan itu menempati posisi ke-10.

Yamaha tampil mengejutkan dengan kedua pebalapnya langsung lolos ke Kualifikasi 2 pada Jumat sore. Fabio Quartararo kemudian menempati posisi kesembilan di grid dan rekan setimnya Alex Rins di urutan kesebelas.

Alex Marquez dan Acosta memuncaki sesi Kualifikasi 1 untuk mencapai Q2 mengungguli Aleix Espargaro, Fabio di Giannantonio dan pahlawan tuan rumah Miguel Oliveira.