BLA Desa Terentang Sukses Panen 700 Kg Udang Vaname

Lokal

Kurniawan

BANGKA TENGAH, Actadiurma.id – Kelompok masyarakat budidaya udang vaname Nepanen Langsung Agimn(BLA) Desa Terentang Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah yang merupakan binaan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikananya, sukses melakukan pemanenan perdana sebanyak kurang lebih 700 kilogram udang vaname. Dalam panen perdana ini di lakukan langsung oleh Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman pada Sabtu (09/03/2023).

“Dengan hasil panen udang vaname ini kami sangat menyambut baik dan bersyukur atas hasil yang luar biasa bagi kami. Kami memulai ini dari nol dan tidak mengetahui samasekali atas ilmu ini, namun atas pendampingan yang di lakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah akhirnya kami mengerti dan memahami cara budidaya udang vaname dan mampu memanen dengan hasil yang sangat memuaskan,” ujar Ketua BLA Desa Terentang, H. Isroni.

Di tambahkan Isroni, pihaknya saat ini telah di hubungi perusahaan ekspor udang untuk membeli seluruh hasil panennya.

“Kita juga sangat bersyukur sekali hasil panen kita hari ini sudah ada pembelinya dan besok Minggu akan di ambil dan di bawa. Sedangkan untuk harga, udang kita di hargai kurang lebih Rp45 ribu perkilogram. Dengan harga itu kita bisa mendapatkan keuntungan luamayan dan setelah ini di panen semua, kita akan menambah Satu tendon kolam lagi untuk di operasikan,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman sangat bersyukur atas keberhasilan kelompok masyarakat pembudidaya udang vaname ini.

“Ya saya sangat bersyukur sekali setelah dalam kurun waktu Dua bulan lebih, atau sekitar 65 hari BLA Desa Terentang sudah bisa memanen udang vaname. Terlebih jika di lihat dari perbandingan jumlah pakan yang di berikan tidak sebanyak dengan tambak udang lainya, dan perkembangan udang vaname yang di hasilkan cukup memuaskan,” ujar Algafry.

Dirinya pun mengajak masyarakat Kabupaten Bangka Tengah lainya untuk turut serta mengambil peluang usaha ini, sehingga menjadi salah satu alternatif usaha masyarakat yang bisa di andalkan dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya ingin berpesan kepada masyarakat untuk tidak takut mengambil peluang usaha ini, karena terbukti kawan-kawan kita di kelompok BLA Desa Terentang yang sebelumnya memulai dari nol dan perlu dibina Dinas Perikanan, hingga sukses memanen udang vaname dengan hasil yang memuaskan. Ini salah satu bukti dan menjadi contoh bagi masyarakat lainya,” ujarnya.