Jokowi Resmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Rp 1,2 Triliun di Makassar

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Presiden Joko “Jokowi” Widodo resmi meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPAL-DT) di Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis.

“Sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat di Losari sangat penting untuk menangani limbah cair secara ramah lingkungan dan meningkatkan kualitas air tanah, air baku, dan kesehatan masyarakat kita secara keseluruhan,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan di Makassar, Kamis.

Presiden Jokowi menjelaskan SPAL-DT dibangun pada tahun 2019 hingga 2023 dengan total biaya sebesar Rp 1,2 triliun ($76,8 juta).

Dengan kapasitas 16.000 meter kubik per hari, jaringan pipa sepanjang 96 km, dan kemampuan melayani 41.000 rumah tangga, kata Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan harapannya bahwa sistem ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang permasalahan pencemaran lingkungan di kota Makassar.

Makasar akan menjadi lebih bersih dan kualitas lingkungan, kualitas air tanah, dan kualitas air baku akan meningkat sehingga masyarakat menjadi lebih sehat dan produktif, kata Jokowi.