Marcos Ucapkan Selamat kepada Prabowo atas Kemenangan Pemilu

Internasional

MANILA, Actadiurma.id – Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr baru-baru ini mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangan presidennya dalam pemilu terakhir, dan mengatakan bahwa ia berharap dapat memperkuat hubungan antara kedua negara.

Dikenal populer sebagai Bongbong Marcos, presiden mengirimkan pesan ucapan selamat di platform media sosial X pada Selasa malam.

“Saya mengucapkan selamat yang sebesar-besarnya kepada Menteri Pertahanan @prabowo atas kepemimpinannya dalam penghitungan suara terakhir untuk menjadi presiden Indonesia berikutnya,” tulisnya di akun resminya @bongbongmarcos.

“Saya berharap dapat memperdalam hubungan bilateral PH dengan Indonesia, tetangga dekat dan mitra di ASEAN, terutama saat kita merayakan 75 tahun hubungan diplomatik pada tahun ini,” tambahnya.

Postingan tersebut dibalas tak lama kemudian oleh Prabowo.

“Terima kasih Pak Presiden @bongbongmarcos! Saya bersyukur dan merasa terhormat atas ucapan Anda,” jawab Prabowo seraya menambahkan bahwa mengabdi kepada masyarakat Indonesia merupakan sebuah kehormatan.

Selain itu, Prabowo juga berharap dapat bekerja sama dengan Marcos, dan melanjutkan “persahabatan kuat yang terjalin selama 75 tahun terakhir antara Indonesia dan Filipina.”

Marcos mengunjungi Jakarta September lalu untuk menghadiri KTT ASEAN ketika Indonesia memimpin blok Asia Tenggara.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo juga mengunjungi Marcos di Filipina awal tahun ini, di mana kedua pemimpin tersebut antara lain mengadakan pembicaraan perdagangan.

Data pemerintah menunjukkan perdagangan Indonesia-Filipina turun dari $14,4 miliar pada tahun 2022 menjadi $12,5 miliar pada tahun berikutnya. Filipina juga telah membeli kapal perang dari pembuat kapal milik negara PAL, serta pesawat yang diproduksi oleh perusahaan dirgantara milik negara Dirgantara Indonesia (PTDI).

Berdasarkan penghitungan suara terkini, Prabowo unggul dengan perolehan suara sebesar 58,77 persen hingga Rabu pukul 08.00 WIB. Data tersebut mencakup perolehan suara dari 73,34 persen total TPS. Prabowo telah memilih putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai cawapresnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dijadwalkan mengumumkan hasil resmi pemilu paling lambat 20 Maret.