2 Petugas KPPS Babel Gugur di Pemilu 2024, 9 Orang Dirawat di RS

Lokal

PANGKALPINANG, Actadiurma.id – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Bangka Belitung buka suara terkait adanya sejumlah petugas KPPS yang meninggal dunia pada saat pemilu 2024. KPU menilai sharusnya kejadian seperti ini tidak ada lagi

“Keadaan ini tentu saya sesalkan karena masih ada korban dari petugas pemilu kami” Kata Ketua KPU Babel Husin Rabu (21/2/2024)

Husin mengatakan  pemilu 2024 dan 2019 tidak lah jauh beda, tetapi masih ada petugas yang meninggal dunia. Namun dia menilai perly ada evaluasi agar pemilu kedepan tidak terjadi lagi.

“Harapan besar tentu tidak ada lagi korban karena Pemilu digelar bukan untuk mengorbankan rakyat apalagi bagi penyelenggara pemilu. Maka Pemilu ke depan harus tidak ada lagi korban” Ujarnya

Hingga kini KPU Babel  mencatat sebanyak 2 petugas dilaporkan meninggal dunia. Petugas meninggal merupakan  petugas Kelompok  Penyelenggara Pemungutan Suara ( KPPS).

Husin menjelaskan satu orang petugas KPPS yang meninggal, sempat dirawat di  rumah sakit dan dioperasi karena pembekuaan darah di otak.

“Pada Pemilu tahun 2024 jumlah petugas KPPS se Babel sebanyak 28.812 orang
Adapun yang jatuh sakit sebanyak 9 orang. dan 2 orang masih dirawat di rumah sakit” Ujarnya