Sempat Terjadi Kekurangan Surat Suara di TPS Babar

Lokal

BANGKA BARAT, Actadiurma.id — Sejumlah TPS di Kabupaten Bangka Barat (Babar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sempat mengalami kekurangan surat suara pada hari pencoblosan, Rabu (14/2/2024) kemarin.

Seperti yang terjadi di TPS 1 Desa Peradong, Kecamatan Simpangteritip, yang kekurangan 100 surat suara DPD RI, kemduian di TPS 036 Desa Belo Laut, Kecamatan Mentok mengalami kekurangan 3 lembar surat suara DPRD Provinsi.

Kemudian di Kecamatan Parittiga, di TPS 002 Desa Kapit, kekurangan 1 lembar surat suara Capres Cawapres, TPS 001 Desa Semulut, kurang masing-masing 1 lembar surat suara DPR RI dan DPD RI, dan di TPS 005, Desa Puput kurang 1 lembar surat suara DPRD Provinsi.

Terakhir di Kecamatan Tempilang di TPS 2, Desa Buyan Kelumbi kekurangan 6 lembar surat suara Capres Cawapres, dan di TPS 2 Desa Penyampak, kekurangan 20 lembar DPD RI.

“Untuk kekurangan surat suara benar terjadi di beberapa kecamatan. Jadi saya melihat kelalaian itu, ada di pihak penyelenggara, saat melakukan penghitungan atau pelipatan,” kata Ketua Bawaslu Babar, Deni Ferdian, Kamis (15/2/2024).

Namun, dikatakan Deni kekurangan tersebut telah diatasi oleh KPU, sehingga semua masyarakat Babar telah melakukan pencoblosan, tapi pihaknya akan menyurati KPU Bangka Barat, mengapa hal seperti itu bisa terjadi.

“Tapi cepat kita beritahukan kepada KPU dan langsung diantisipasi, di suplay surat suara dari TPS terdekat. Alhamdulillah kekurangan surat suara aman dan bisa diatasi,” ucapnya.